Trying To Be A Good Fans

Atas pemikiran @V3aprilia & @dwiananing

Menjadi seorang fans, sadar atau ngga, adalah sesuatu yang rancu, ambigu. Kenapa bisa kayak gitu? Karena kadang kita ngga bisa nentuin, sejauh mana kita bisa menyebut diri kita sebagai fans? Apa hanya karena City Hunter jadi drama favorit kita, lalu kita bisa menganggap diri kita fans-nya Lee Minho? Apa karena kita suka ‘ngiler’ ngeliat kegantengan Siwon, lalu kita menganggap diri kita Siwonest, atau malah ELF? Dan setelah kita jadi fans, sejauh mana kita bisa membuktikan kalau kita itu fans yang baik?

Berat Di Ongkos

Tentu aja semua pasti pengen bisa beli album original, karena itu bisa jadi salah satu bentuk support kita ke idola. Tapi sayangnya, keinginan kadang suka berbanding terbalik dengan kenyataan. Harga album original yang selangit karena ditambahin pajak impor dan pajak ini-itu, bikin fans yang berkantong pas-pasan jadi mikir-mikir buat beli. Ini juga termasuk fans yang membeli album dengan sistem pre-order, yang bikin mahal itu ya ongkos kirimnya. Belum lagi kalau albumnya dirilis dalam berbagai versi. Tiap versi beda lagu beda bonus. Lha masalahnya, beli album satu aja kadang mesti ngirit uang jajan 1-2 minggu, gimana kalau mau beli semua versi? Jual HP pun belum tentu kebeli.

Itu baru masalah album. Belum lagi kalau kita mau beli pernak pernik seperti lightstick, kipas, poster, photobook, dll. Atau kalau idol ngadain konser, mendadak Twitter penuh dengan galaun para KPopers yang ngga punya uang buat beli tiket konser, atau punya uang tapi ngga dapet ijin orangtua, hehehe.

Jadi, terkadang nyesek aja kalau ada yang mengaku udah jadi fans sejati karena dia udah nonton konser, beli album, dan koleksi pernak pernik. Lalu, apakah KPopers yang ngga mampu melakukan semua itu, artinya mereka bukan fans yang baik?

Mungkin aja, suatu saat nanti ada orang yang bikin statement, “Orang miskin dilarang jadi KPopers”.

Cute Mistake

Fans seolah ‘digiring’ untuk mengucapkan kata-kata ini setiap kali idola melakukan kesalahan, baik saat perform di panggung ataupun di acara lain. Kata-kata yang umum kita lihat di Youtube ngga jauh dari, “Ya ampun, dia gerakan dance-nya salah! So cute!”, “Dia jatuh di panggung! Cute beudh!” *oke, beudh itu emang agak alay*.

Pertanyaannya, sejak kapan sih kesalahan dianggap sebagai sesuatu yang imut? Memangnya, saat idol kita salah gerakan dance, atau suara mereka crack (ngga stabil), mereka masih sempet-sempetnya aegyo? Jatuh ya jatuh aja, salah ya salah aja. Susah banget sih kalo mau mengkritik idola.

Tapi daripada ngomel-ngomel ngga jelas, mungkin kita bisa melihat itu dari sisi lain, dari sisi yang lebih positif. Mungkin, orang-orang salah kaprah tentang arti kata cute. Mungkin mereka menganggap cute=imut=lucu. Kesalahan idol yang membuat kita tertawa itu, kita sebut cute. Padahal, ini menurut pendapat pribadi lho ya, cute itu bisa diganti dengan funny. Cute mistake itu bisa diganti dengan funny mistake, lebih masuk akal. No offense.

Dilarang Mengkritik

Idol yang fashionnya lagi ngga banget, atau perform-nya yang mengecewakan, itu hal yang wajar. Idol itu ngga selamanya sempurna. Tapi terkadang fans seolah takut mengakui ‘ketidaksempurnaan’ idolanya. Mereka takut untuk mengkritik, atau malah maksa buat memuji. Ironis juga sih, hanya dengan mengkritik saja, seseorang bisa dianggap anti-fans. Padahal yang namanya kritik kan tujuannya untuk membangun, supaya ke depannya idol bisa lebih baik lagi. Ingat, kritik itu beda dengan menghina. Menghina itu kerjaannya antis, tapi mengkritik itu bisa dilakukan semua orang, bahkan fans berat sekalipun.

Jadi, jangan takut untuk mengkritik. Jangan takut dituduh jadi anti-fans hanya karena kamu mengkritik idolamu. Oke, mungkin emang sulit, tapi kalau kamu takut di-bash orang, lebih baik diem. Atau ungkapkan di forum yang ngebebasin kamu untuk mengkritik, atau sharing dengan temanmu yang memang sepikiran. Yang penting disini adalah, gimana cara kita dalam mengkritik. Ada baiknya kalau kita mengkritiknya dengan bahasa yang lebih sopan. Nah, kalau setelah mengkritik secara sopan itu, ternyata masih aja di-bash, ya lain cerita. Berarti orang itu punya perasaan yang super sensitif.

Right Or Wrong Is My Idol

Banyak yang protes, kenapa seorang fans membela idolanya selalu dari segi fisik. Ini terlihat terutama kalau mereka sedang debat atau bertengkar dengan anti-fans.

“Kenapa sih kalian ngga suka sama (nama artis)? Dia kan cantik/ganteng, bodinya bagus… bla bla bla”. Well, ke laut ajalah komen-komen kayak gini. Penting gitu ngebela fisik? Apa itu artinya mereka suka hanya karena fisik semata?

Belum lagi kalau artis itu kenyataannya memang sedang bermasalah, entah bermasalah dengan sesama artis, bermasalah dengan manner/kepribadian, atau yang lebih ekstrem, bermasalah dengan hukum. Kecewa itu wajar, tapi nyatanya banyak fans yang masih aja ngebelain idolanya, selalu menganggap idolanya yang paling benar, meskipun kenyataannya ngga kayak gitu. Istilahnya ya, right or wrong is my idol.

No offense, tapi ‘right or wrong is my idol’ itu ideology sesat. Idol bukan dewa, idol ngga sempurna, dan percaya atau ngga, idol mungkin membutuhkan kritik untuk bisa membangun dirinya menjadi lebih baik di kemudian hari, daripada dipuja secara membabi buta.

Menunjukkan diri kita sebagai fans yang baik, jujur saja, sulit. Karena fans yang baik itu bisa dilihat dari berbagai sudut, dan itu tergantung pendapat dari masing-masing orang. Jadi, mungkin dari sekarang kita bisa stop memikirkan cara apa yang harus dilakukan untuk menunjukkan diri sebagai fans yang baik. Menyukai seorang idol adalah masalah perasaan, rasa suka yang hanya bisa dirasakan oleh masing-masing individu, ngga bisa diukur dari mampu engganya mereka beli album, nonton konser, atau mendukung idolanya.

Tulisan ini juga bisa dilihat di KLIK DISINI YA! 🙂

Advertisements

12 Comments

  1. Han chae hyeon said,

    November 19, 2011 at 4:14 am

    Semua yang dibilang diatas itu sumpaah!! Mewakili perasaanku bgt!! Apalgi yang tentang jadi fans sejati itu harus punya segala pernak-pernik dan tetek bengek nla bla bla bla..
    In my opinion..
    To be a good and true fans, we dont need to be ”OVER”!!
    Boleh boleh aja suka dan ngefans sama idol sapapun, asal jangn terlalu mendewakan mereka. Mereka suatu saat pasti akan melkukan kesalahan yang sama sekali ga perlu untuk dibela. Okey, maksudnya bukan GA PERLU dibela, tapi maksudnya jangan terlalu ngebela mereka kalo emang ternyata merekanya yang salah. Sumpaah, fans kayak gitu tu, GOBLOK bgt!!! Mau2nya aja dijadiin ”budak” sama perasaan sendiri..
    Terus juga yang dibilang tentang cute mistake itu, jujur aku selama ini juga seneng gitu search search video or news or piccu tentang cute mistake.. Aku juga selama ini taunya ya cuma sekadar aja tentang arti cute moment itu, aku ga terlalu peduli tentang artinya yang penting aku dapet moment waktu mereka lagi ngelakuin kesalahan. Habis kadang2 ekspresi mrka itu ngegemesin bgt hehe^^ tapi disini aku baru sadar, ternyata bner, yang namanya kesalahan ya tetep aja kesalahan. Ga ada yang pernah mau bolang kalo kesalahan itu imut/lucu, malah sebaliknya, kesalahan itu memalukan. Disini aku mikir, mungkin fans2 itu sengaja bilang itu tu cute mistake, ini cuma kedok, biar idol mereka ga diejek2 karena ngelakuin kesalahan.. Pikiranku sih ngarah kesana..
    Yang kuatau tentang fans yang baik itu, hanya satu.. Berpikir secara realitas. Karena kalo kita ngefans atas dasar ego dan perasaan tanpa mikir tentang kebenaran, sama aja rasanya kayak dikasi barang bermerek tapi atas hasil pasar gelap! Alias aspal!! Kalo mau ditegesin lagi, mereka itu FANS ABAL2!!!
    I’m not that perfect but i believe i can be more good because of my ”REALITY”
    Haaah cuma bisa ngomong kayak gitu aja, kebanyakan yang ga msuk akalnya mungkin, tapi itu semua keluar atas perintah hati yang lebih dahulu diedit sama otakku^^ jadi kalo ada yang tersinggung atau mungkin ga ngerti sama commentku ini, yaah mohon dinaklumi ya.. Anak labil lagi beraksi hehehe ^^

  2. park eun ri said,

    November 19, 2011 at 4:38 am

    semua.a sudah tertera onniedeul., yah itu semua adalh unek2 tersembunyi dari aq setuju bgt aq sama onnie masalah ongkos yg pling bikin masalah., kadang bingung apa aq udh bisa di bilang fans sejati ato belm,

    krna ga bisa beli album,lightstik,photobook dll aq jadi kecewa,.. Padahl aq pengen bgt tp ga sampean..
    Paling ga ska kalo udah idol terlalu di ‘dewa’kan mreka kan manusia pernah punya slah juga yg sempurna itu cuma tuhan.,

    mask bru kritik di bilang bukan fans sejati ga adil kan,..
    Kalo kita ga bsa ngekritik brarti kita ga tau mana yg slh ato yg bener,.. Aq ykin idol juga sneng klo di kritik yg membngun

  3. Maya said,

    November 19, 2011 at 6:02 am

    BANG! Itu yg slm ini aq omgin ama satu2nya tmen gue! Mewakili bgt dh pkoknya!

  4. rossilovehenry said,

    November 19, 2011 at 6:18 am

    Cuma satu yg aku banget, tentang komen2 membela idol dari fisik, so what?? Mesti gitu ya membela artisnya cuma dr fisik? Gak kaleee… Dari dulu aku emang paling gak suka idol-idol itu dibela cuma karena tampang, apalagi sama fans-fans yang yaaa gitu deh, aku paling ogah… Justru karena ada komen komen gitu malah terjadi fanwar, merasa kalo merekalah yg benar…

    @RosePark90

  5. Leader Niingz said,

    November 19, 2011 at 6:56 am

    SETUJU banget aku sama ini eonni!!!!
    apalagi yang atas sendiri!!!! aku itu belum pernah beli album2 artis2 kpop!!! ya tau sendirilah keuangan ku gag cukup!!!!! 😦
    dan soal mengkritik itu seharusnya menjadi renungan para Kpopers!!!!!!

  6. olachic said,

    November 19, 2011 at 8:06 am

    Mugkin tulisan kamu ini beb, mewakili beberapa perasaan fans buat artis2 yg mereka idola kan. termasuk aku ^^
    Setuju banget sama tulisan kamu beb. Jadi fans sejati gak bisa diukur dari kita gak bisa beli album ini onoh atao wajib nonton konser sampe ke negara manapun buat nguras isi dompet. Gak takut buat nunjukin artis yg kita suka itu emang kadang gak sempurna dan kadang emang suka berpenampilan worst atau kadang perfom mereka yg lagi ngedrop. Emang gak masalah juga buat ngekritik kalo emang ada yg gak bagus.
    Aku juga setuju sama yg cute mistake itu. Jatuh ya jatuh aja. salah ya salah aja. lupa lirik ya lupa aja. gada yg cute. Jgn pernah takut aja buang ngadapin suatu kenyataan
    In my opinion, tapi kalo memang artis idola kita emang terbelit masalah, kita tetep ngasih mereka support buat nunjukin kalo kita itu care sama mereka dan mereka bisa lebih tabah menghadapi persoalan yg mereka hadapi.
    two thumb up for you nining! ^^

  7. November 19, 2011 at 9:37 am

    […] : tulisan ini juga di-post disini 🙂 Like this:SukaBe the first to like this post. Tinggalkan sebuah […]

  8. sparklinghyun said,

    November 19, 2011 at 1:20 pm

    onnie, ini keren, ini aku banget, a bunch of thanks for make me realize and stay realistic. saya suka tulisannya, jujur dan tidak memihak 😀

  9. unniKNA said,

    November 19, 2011 at 2:49 pm

    4 THUMB FOR YOU, EON! setuju banget2 *gatau mau komentar apalagi*

  10. nninkaa said,

    November 27, 2011 at 4:22 am

    Tetap menganggap mereka sebagai orang biasa, hanya pekerjaan mereka yang membuat mereka menjadi seperti sekarang ini. Hargai karya mereka. Contoh semangat dan perjuangan mereka. Gunakan akal sehat… Itulah fans yang baik menurutku

    Buat aku ada di sini ada dua hal terpenting yang aku jadikan pegangan sebagai seorang fans (ceilah bahasaku haha…)
    Yang pertama, tetap menganggap mereka sebagai orang biasa…
    Sering kali kita menganggap idola kita itu segalanya, sampai2 kita nggak memanusiakan mereka (menganggap mereka dewa). Padahal sebenernya mereka juga orang biasa, sama seperti kita
    Yang kedua, gunakan akal sehat…
    Seperti yang dibilang di atas, kadang kita sering membela idola kita walaupun mereka melakukan kesalahan terberat sekalipun. Di sini kita harus bisa menggunakan akal sehat untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak. Bukannya nggak boleh membela atau gimana, tapi coba pilah-pilah dulu komen kayak apa sih yang layak untuk dilontarkan biar nggak merugikan orang lain (bahkan sampe bikin fanwar). Dan jangan mudah terpancing emosi. Sekali lagi gunakan akal sehat kalian…
    Untuk urusan menghargai karya idola kita juga butuh akal sehat. Kita harus bisa mikirin seberapa kemampuan kita, dan bisa memilah-milah mana kebutuhan yang paling penting buat kita. Misalnya aja beli album asli. Untuk yang masih sekolah atau kuliah, jelas itu hal yang lumayan berat karena kebanyakan masih mengandalkan kucuran dana dari orang tua. Emang sih kalau download album mereka itu ilegal. Tapi kalau kita bisanya gitu, ya masa mau maksain. Nabung gpp, asal jangan sampai kebutuhan lain yang lebih penting jadi harus dikorbankan

    • nninkaa said,

      November 27, 2011 at 4:32 am

      Tambahan lagi nih hehe..
      Jadi fans itu bebas kok, nggak susah, nggak ada undang-undangnya
      Jadi fans itu harusnya bikin seneng, bukannya bikin susah atau stress 😀

  11. Larasss1199 said,

    November 23, 2012 at 9:47 am

    waww~~ keren banget!! pokoknya tulisan ini mewakili perasaan dan pikiranku deh!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: